Terbaru

6/recent/ticker-posts

Cara Memilih Metode Sunat (Pemilihan Metode Sunat)


Sunat / Sirkumsisi merupakan suatu prosedur yang bertujuan untuk membuang bagian ujung dari kulit penis. Hal ini selain merupakan tradisi suatu agama tertentu, juga memiliki beberapa manfaat. Dengan disunat, pada umumnya sensasi kenikmatan seksual yang dirasakan akan lebih baik. Selain itu terdapat bukti bahwa dengan disunat dapat mengurangi risiko untuk terkena beberapa penyakit menular seksual dan HIV. Selain itu, dari segi higienitas, umumnya seseorang yang disunat akan memiliki higienitas yang lebih baik.

Pada umumnya tindakan Sirkumsisi tidak akan menimbulkan kelainan pada fungsi alat kelamin karena yang dibuang hanyalah bagian ujung dari kulit luar penis. Akan tetapi, seperti halnya prosedur pembedahan lain, apabila tidak dilakukan dengan hati-hati juga dapat timbul kecelakaan yang dapat menimbulkan luka/perubahan bentuk seperti yang Anda alami saat ini.

Beriku adalah 3 metode sunat :

1. Metode Sunat  Konvensional

Metode konvensional merupakan metode yang banyak digunakan, metode ini menggunakan gunting serta jahitan. Kebersihan atau kesterilan dari cara ini tergantung dokter yang melakukan. Semua dokter yang berkomepetensi dapat melakukan metode ini dan dapat dilakukan dengan fasilitas terbatas. Metode konvensional penyembuhannya lebih lama sekitar 7 hari dan tidak boleh kena air.

2. Metode Laser / Electric Cauter

Yaitu sunat dengan menggunakan energi panas. Keuntungan dari metode ini adalah lama prosedur yang cepat dan bersih, dalam arti, tidak keluar darah dalam jumlah banyak.

3. Metode Smart Clamp


Smart klamp adalah metode sunat terbaru dari jerman yang sekarang ini populer dikalangan medis dan masyarakat,sunat metode ini menggunakan alat seperti penjepit yang terpasang di kulit penis yang akan disunat.

Berikut adalah beberapa keunggulan dan kelemahan metode Smart Clamp.

Keunggulan :

  1. Khitan tanpa pendarahan, tanpa jahitan sehingga mengurangi resiko penularan penyakit Aids/Hepatitis.
  2. Pelaksanaan khitan membutuhkan waktu yang sangat cepat 5 - 10 menit.
  3. Anak bisa langsung dibawa pulang.
  4. Anak dapat langsung beraktifitas seperti biasa (bermain, sekolah, mandi dll).
  5. Alat sangat ringan karena terbuat dari plastik.
  6. Dapat buang air kecil secara biasa (melalui tabung).
  7. Tersedia dalam berbagai ukuran sehingga dapat digunakan pada usia bayi, anak sampai dewasa.

Kekurangan :

  1. Alat terpasang selama 5 hari padahal jika sunat biasa 3 hari sudah kering dan proses sudah mulai selesai   
  2. Resiko robekan kulit jepitan setelah alat dilepas,karena sunat pada metode ini tidak ada jahitan,maka setelah alat dilepas sudah tidak ada lagi penahannya,sehingga jika penis pasien ereksi,resiko terjadi robekan masih ada,sehingga metode ini tidak kita sarankan pada sunat dewasa    
  3. Pelepasan tabung yang lebih rumit,setelah 5 hari smart kalamp akan dilepas,berdasarkan pengalaman pelepasan tabung sering sulit dan menimbulkan nyeri

Mengenai pilihan tergantung keinginan masing-masing. (Sumber: klikdokter.com)

Posting Komentar

0 Komentar